Selasa, 19 Maret 2013

Tertawa Itu Sehat



Istilah "tertawa itu sehat" sering kita dengar, bahkan sejak dari kita kecil sudah sering mendengar istilah tersebut. Tertawa sangatlah mudah, bayi saja sudah belajar tertawa sejak usia empat bulan. Tertawa bisa dilakukan oleh siapa saja, tua, muda, kaya, miskin, laki-laki, maupun perempuan. Tertawa itu memberi kekuatan. Bahkan, kini ilmu pengetahuan sekalipun mengatakan kalau "tertawa adalah salah satu obat paling mujarab yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia".
Coba bayangkan seandainya tidak ada tawa canda dalam keseharian kita, tidak ada humor yang memancing tawa atau minimal bikin kita tersenyum simpul dibuatnya, pasti keadaan akan semakin kacau. Apa saja manfaat di balik tertawa ??? Berikut ini beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan:

1.Tertawa membuat tubuh lebih tenang.
Tertawa terbahak-bahak 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorphine dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metanonin. Kedua zat ini merupakan zat yang baik buat otak. Kalau tubuh dirangsang untuk mengeluarkan zat-zat ini kita akan merasa lebih tenang.

2.Tertawa bisa mencegah stress.
Tertawa diyakini oleh siapapun juga bisa menghilangkan rasa cemas, bingung, sedih dan gelisah bahkan stress dan depresi. Maka tidak heran jika dalam rumah sakit tertentu menerapkan program humor sebagai alternatif penyembuhan.

3.Tertawa sama dengan olahraga tubuh.
Tertawa bisa menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti kalau habis berolahraga. Tertawa melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, juga membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Tertawa juga sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi.

4.Tertawa dapat menurunkan tekanan darah.
Orang yang sering tertawa mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang2 biasa. Ketika kita tertawa, tekanan darah akan meningkat, tapi kemudian akan kembali dibawah level normal. Tertawa akan membuat kita bernapas dalam-dalam, menyalurkan oksigen yang dibutuhkan untuk memperkaya sel darah merah kita ke seluruh tubuh.

5.Tertawa bisa membebaskan pernapasan.
Mereka yang menebar tawa akan selalu bebas dalam bernafas. Sebab tertawa berarti mempercepat keluarnya udara jenuh dari tubuh sehingga berganti dengan udara segar yang dihirup. Sirkulasi udara itulah yang akan memperkaya oksigen dalam darah serta membantu membersihkan bagian respirasi atau organ pernafasan dalam tubuh.

6.Tertawa meningkatkan fungsi kerja otak dan menghilangkan stres.
Tertawa menstimulasi otak kiri dan otak kanan, meningkatkan daya belajar. Tertawa melembutkan tegangan otot, menghilangkan stres sehingga otak dapat memperoleh informasi lebih.

7.Tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Menghindari infeksi bisa juga dilakukan dengan tertawa, sebab selama tertawa antibodi tubuh dan sel darah putih bekerja lebih aktif dalam menghadang infeksi yang mungkin datang menyerang.

=> Hidup penuh dengan senyum dan tawa akan membuat kita lebih tenang, terasa lebih segar serta bermanfaat dalam menekan stres yang kita hadapi. Tawa yang tampaknya sepele dan berlangsung hanya sesaat ternyata punya pengaruh yang dapat bertahan cukup lama. Senyum dan tawa merupakan anugerah yang tidak ternilai dari sang Pencipta. Bagi anda yang jarang tertawa, dari sekarang sering-seringlah tertawa tapi harus pada tempat dan saat yang tepat, jangan setiap saat tertawa nanti disangka orang gila, he2… Jadi, tertawalah selagi anda masih bisa melakukannya dan gratis…..

#Salam gembira dan tertawa huahahahhahaaaaa.......
(http://humorkaizen.blogspot.com/)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog Humor Kaizen, sekarang saatnya tinggalkan jejak kamu dengan cara berkomentar di "kotak komentar" yang sudah disediakan. Mohon maaf, untuk komentar yg tidak sopan, mengajak debat, spam, pasti akan saya hapus.
Terimakasih, salam gembira dan tertawa huahahahahaaa.... :-P

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Lewat Facebook